Sabtu, 03 Maret 2012

Study Tour ke Bali


Study Tour ke Pulau Bali

Pada tanggal 18 Maret 2011, SMP N 19 Surakarta mengadakan Study Tour ke  Pulau Bali.
Pukul 13.00 WIB, kami semua berkumpul di halaman SMP 19 untuk menunggu Bis. Menurut data yang kami terima, kami ditempatkan di bus no 2. Sambil menunggu bus datang, ada yang berfoto-foto, bermain dan lainnya.
Setelah menunggu sekitar 10 menit, bis pun datang. Kami pun naik ke bus 2. Bus yang kami tumpangi berangkat dengan nomor urut 2 atau no.2 dari awal.
            Sekitar pukul 5.30 WIB, kami telah sampai di sebuah rumah makan, untuk makan malam dan sholat maghrib di jamak dengan isya’. Setelah semua selesai makan, saatnya untuk sholat. Semua mengantri untuk wudlu.
            Setelah semua selesai, kami melanjutkan perjalanan kembali. Pada pukul 23.45 kami sampai di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Karena sampai di pelabuhan tengah malam, sebagian dari kami ada yang tertidur saat di kapal. Harga camilan/ makanan ringan di kapal bedanya sangat jauh sekali dibandingkan dengan harga di pelabuhan, hampir 3 kali lipatnya. Kami pun sampai di Pelabuhan Gilimanuk, Bali pada pukul 01.00 WIB / 02.00 WITA. kami pun melanjutkan perjalanan ke Obyek Wisata yang pertama yaitu Pantai Sanur.
Setelah kurang lebih 3,5 jam berlalu, kami pun sampai di sebuah masjid untuk menunaikan ibadah Sholat Subuh bagi yang menunaikan. Dan yang tidak menunaikan, sebagian ada yang menunggu di masjid dan segian ada yang langsung jalan kai ke Pantai Sanur. Disana kami melihat indahnya sunrise( matahari terbit ). Sebelum matahari terbit, kami sempatkan untuk berfoto foto. Hasil nya indah sekali, karena keindahan alam ini. Setengah jam kemudian kami semua mulai melihat tanda tanda terbitnya matahari

Untung saat di pantai Sanur cuacanya sedang bagus, jadi matahari nya terlihat jelas dan indah sekali. Dan kami memotret indahnya sunrise tersebut.
Setelah kami puas melihat sunrisenya, kami pun kembali ke bus yang kami tumpangi untuk menaruh barang barang ke hotel. Sesampainya di hotel kami disuruh untuk beristirahat sekalian bersih bersih tubuh dan makan pagi. Diantara kami, kalau ada yang mandi, yang tidak mandi makan, jadi kami kompak dan bisa tepat waktu. Setelah semua selesai, kami akan melanjutkan perjalanan ke obyek wisata yang selanjutnya yaitu museum Renon. Dalam perjalanan kami ditemani oleh Bli Nyoman. Bli Nyoman adalah seseorang yang kan memandu kami selama di Pulau Bali. Di museum Renon bagi yang membawa kamera disuruh agar membeli tiket masuk seharga Rp 1.000,00 , dan yang tidak bawa gratis.
            Museum ini adalah museum tentang perjuangan rakyat rakyat Bali. Di museum ini ada banyak sekali penjelasan penjelasan tentang bagaimana rakyat Bali memperjuangkan Provinsi tersebut.
            Setelah dari Renon, kami mlanjutkan ke Tanjung Benoa. Selama disana kami di bebaskan untuk mencoba game game air. Contohnya banana boat, paraselling dll.
Tetapi kami hanya berkunjung ke suatu tempat yang disana adalah penangkaran penyu,yaitu Pulau Penyu. Untuk sampai ke Pulau Penyu, kami harus membayar ongkos / biaya sebesar Rp 25.000,00/ orang. Dalam satu kapal hanya muat untuk 10 orang saja. Perjalanannya kira-kira sekitar setengah jam. Saat dalam perjalanan, kami sempatkan untuk berfoto-foto. Di pulau penyu tersebut kami menemukan penyu yang beratnya hingga 100 kg. Di pulau tersebut tak hanya ada penyu, tetapi ada juga ular, biawak, burung elang, dan jenis burung lainnya.
            Setelah dari pulau penyu, kami makan siang di Tanjung Benoa itu. Dalam perjalanan ke obyek selanjutnya, di dalam bis, ada yang bernyanyi, bercerita, dsb.
            Setelah dari Uluwatu, kami melanjutkan perjalanan ke GWK / Garuda Wisnu Kencana. Sesampai disana, sebelum masuk, per orang diberi tiket masuk. Setelah masuk kami langsung naik ke puncak untuk melihat patung kepalanya. Disana kami berfoto-foto.
Setelah dari atas kami turun lagi untuk melihat Patung Kepala Garudanya. Disana kami juga sempatkan untuk berfoto-foto. Setelah tepat jam 19.00 WITA, kami disuruh untuk melihat tari Kecak. Tarian ini di GWK, hanya diadakan malam minggu saja. Setelah selesai kami pun kembali ke Hotel untuk makan malam dan beristirahat.
Hari Ke Dua

Pada Hari kedua, karena itu malam pertama tidur di Bali. Keesokan harinya kami bangun sekitar jam 4 WITA untuk sholat subuh dan mandi. Setelah selesai, kami disuruh makan.
            Pada hari ini, obyek pertama yang dikunjungi adalah Kresna. Kresna adalah sebuah tempat oleh-oleh khas bali, contohnya : makanan khas Bali, miniatur / souvenir Bali dan pakaian-pakaian Bali. Disini kebanyakan dari kami hanya membeli macam-macam souvenir Bali.

Di sekitar tanah lot terdapat berbagai toko yang menjual barang barang, seperti : baju, celana, patung, dll.
Setelah masuk ke kawasan tanah lot, kami berfoto-foto. Setelah puas disana, kami keluar dahulu untuk mencari minuman. Harga aqua yang biasanya hanya Rp 3.000,00, disini di jual seharga Rp 7.000,00. Walaupun mahal, kami tetap membelinya, karena kami sudah sangat haus. Disana kami sempat melihat lihat pakaian. Harganya sih normal, tapi kami lebih memilih untuk berbelanja pakaian di Sukowati saja.
            Setelah dari tanah Lot, kami berkunjung ke Kresna. Kresna adalah sebuah tempat oleh-oleh khas bali, contohnya : makanan khas Bali, miniatur / souvenir Bali dan pakaian-pakaian Bali. Disini kebanyakan dari kami hanya membeli macam-nmacam souvenir Bali. 1 jam berlalu, kami pun melanjutkan perjalanan ke Cahayu, untuk makan siang. Disana (cahayu) adalah tempat oleh oleh khas Bali juga. Tetapi di Cahayu lebih mahal dari pada di Kresna. Setelah sampai, kami melihat barang-barang yang dijual di Cahayu. Setelah puas jalan-jalan di Cahayu kami langsung disuruh makan.
Setelah dari Cahayu, kami langsung menuju ke Pasar Seni Sokawati. Terletak di Desa Celuk Kecamatan Sukowati, Kabupaten Gianyar. Pasar ini luas dan menjual beraneka macam cinderamata seperti kain, bed cover, pakaian, hingga emas dan perak. Harga barang-barang ini relatif murah karena dapat ditawar hingga 60% dari harga yang ditawarkan si penjual.
Setiap harinya pasar ini dibuka mulai pukul 08.00 WITA dan ditutup pada pukul 16.00 WITA.
Sehabis dari Sokawati, kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Kuta. Ini adalah salah satu Obyek wisata yang sangat di tunggu tunggu oleh teman-teman. Sebelum tiba di pantai, bus kami diparkirkan di tempat Parkir khusus. Sebelum turun dari bus, setiap anak di berikan 2 tiket untuk pulang dan berangkat ke pantai. Kami ke pantai tidak jalan kaki, melainkan menggunakan kendaraan khusus yaitu komotra. Kendaraan ini hanya khusus digunakan untuk bolak balik dari parkiran bus ke pantai kuta. Sesampainya di pantai, kami diperbolehkan untuk basah bsasahan. Dan setelah selesai pun kami pulang ke hotel masing masing.


Hari Ke Tiga

            Ini adalah hari terakhir kita di Bali. Pada hari ini Bli Nyoman masih menemani kami, karena tugasnya belum selesai. Obyek pertama pada hari ini yang kami kunjungi yaitu Joger. Setelah kami sampai di Joger, malah Joger belum juga buka karena Joger mempunyai waktu sendiri untuk buka yaitu waktu IJO (WITA Joger). Akhirnya obyek wisatapun dialihkan ke danau Bedugul dahulu.        
Kami sampai di Bedugul sekita jam 1 an, jadi kami sekalian makan siang disana. Setelah beberapa jam kemudian, kami kembali ke bus masing masing untuk melanjutkan perjalanan ke obyek yang terakhir yaitu di Joger. Disana kami puas puas kan karena hari terakhir. Di joger ada membeli sandal sampai 6 pasang. Ada yang membeli kaos 10 buah dll. Yang paling saya sukai dari jogger adalah setiertnya, karena unik unik.
Karena ini hari teakhir, tadi pagi sebelum berwisata, kami sudah cek out dari hotel. Perjalanan dari Joger  ke Pelabuhan Gilimanuk cukup lama, yaitu sekitar 3-4 jam, sebelumnya Bli Nyoman turun di kawasan Kediri di Bali. Dan setelah melalui perjalanan yang cukup lama jam 5 pun kami sampai di Pelabuhan Gilimanuk untuk menyebrang. Kalau saat ini kami bisa menikmati indahnya laut, karena sebelumnya kami menyebrang saat tengah malam. Setelah 1 jam menunggu kami pun sampai di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Kami pun melanjutkan perjalanan untuk pulang.
            Pada pukul 19.00 WIB, kami tiba di sebuah rumah makan yang bernama rumah makan Puritama. Disana kami makan malam dan sholat maghrib bagi yang menunaikan.
            Dan pada pukul 07.00 kami pun sudah tiba di SMP N 19 Surakarta dengan selamat dan orang tua sudah nunggu.
            Ini adalah cuplikan cerita tentang Study kami di Pulau Bali, dan kami merasa sangat senang dapat ber piknik bersama teman teman.

3 komentar:

  1. haha pass bgt ada artikel kya gini,, buat laporan kunjungan industri bali wkwkwk , gua juga nulis artikel kya gini kunbal yee? agak absrut tapi wkwkwk

    BalasHapus
  2. Kalian butuh bantuan untuk merencanakan perjalanan wisata, kami akan dengan senang hati membantu kalian. Kami menyediakan berbagai macam paket wisata Jawa dan Bali, dengan fasilitas armada yang baru dan bersih juga crew yang ramah - ramah menjadikan perjalanan kalian berkesan dan pastinya beda dengan yang lainnya.
    Semua paket kami sudah free dokumentasi yah, ada DSLR ada Kamera Underwater.

    Kami melayani paket wisata :
    1. Malang - Batu
    2. Yogyakarta - Gunung Kidul
    3. Banyuwangi
    4. Bali
    5. Ziarah wali
    6. Study Tour & Outbound
    7. Dll sesuai permintaan

    Ada promo menarik, bagi yang merefrensikan kami untuk menjadi agen perjalanan kalian dapatkan "CASHBACK".
    Untuk harga bisa di nego kok, jadi jangan takut harga mahal.

    untuk info bisa Hub.
    SMS / WA : 085730077308
    BBM : 7ECC7D00

    mau lihat history tour kami bisa langsung folow Instagram kami yah
    halo_indonesia

    BalasHapus